Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Test Pack Kehamilan

Test pack adalah alat yang umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Tes kehamilan dilakukan berdasarkan peningkatan kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) dalam urin atau serum. Hormon hCG meningkat pada ibu hamil akibat terbentuknya plasenta yang mengelilingi embrio. Kadar hCG pada wanita yang tidak hamil rata-rata hanya sebesar 5%, sedangkan pada ibu hamil kadar hCG meningkat drastis hingga mencapai 150.000 %.

Peningkatan drastis itulah yang menyebabkan kadar hCG cocok digunakan sebagai petunjuk kehamilan. Kadar hCG dalam serum dan urin seorang wanita biasanya berada dalam konsentrasi yang sama. Hormon hCG mulai dibentuk oleh tubuh segera setelah fertilisasi terjadi dan akan meningkat dengan sangat cepat hingga usia kehamilan tiga bulan.


Kapan sebaiknya seorang wanita mendeteksi kehamilan? Pada wanita dengan siklus haid yang teratur, tes kehamilan sebaiknya dilakukan jika menstruasi terlambat selama satu minggu. Pada wanita dengan siklus haid yang tidak teratur, tes kehamilan dapat dilakukan 1 atau 2 minggu setelah konsepsi. Gunakanlah test pack dengan tingkat sensitivitas tinggi, setidaknya yang dapat mendeteksi 20mIU/ml agar hasil deteksi kehamilan yang diperoleh akurat. Pada usia kehamilan 1-4 minggu kadar hCG dalam urin akan berkisar antara 45-200 mIU/ml.

Test pack merupakan salah satu langkah pertama dalam proses deteksi kehamilan yang mudah diperoleh di apotek atau klinik kehamilan terdekat dengan harga bervariasi tergantung merek test pack yang digunakan. Test pack secara umum berbentuk batang dengan celah atau lubang untuk meletakkan sample urin dan dilengkapi dengan pipet bantu. Bagaimana cara kerja test pack? Urin dari wanita hamil dipipet dengan pipet bantu kemudian diteteskan pada celah yang terdapat dalam batang test pack.

Celah tersebut biasanya dilengkapi dengan membran yang akan melewatkan hormon hCG dalam urin sampel. Test pack yang baik biasanya dilengkapi dengan indikator perubahan warna yang menandakan reaksi hCG melewati membran telah selesai dengan sempurna. Jika seluruh hCG dalam urin telah melewati membran maka akan terdapat petunjuk satu/dua garis, atau tanda plus dan minus (+/-), atau tanda centang (tergantung merek test pack yang digunakan) yang merupakan hasil deteksi kehamilan.

sumber :http://kehamilan.org

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat membantu infonya thnkssssssssssssss


cara memperbesar penis & rahasia kuat sex

Posting Komentar