Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan tubuh ibu hamil  sebenarnya tidak sulit. Hal - hal praktis yang  kadang dilupakan oleh seorang ibu hamil  justru  dapat menjadi masalah untuk kesehatan janin juga bila diabaikan Maka berikut ini ada 10 Cara menjaga kesehatan ibu hamil yang saya bagikan  mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Semoga bisa dilakukan sehari hari.
Menjaga kesehatan daerah  wajah dan kepala
Sering ibu hamil bertanya boleh mengecat rambut tidak waktu hamil? Sebaiknya sih tunda dulu. Mengingat obat yang digunakan untuk mengecat dan mengeriting rambut bersifat zat toksik ( beracun ). Kadang  ada juga keluhan rambut rontok  dan tumbuh rambut halus di pelipis menjadi masalah bagi ibu hamil. Tak perlu cemas itu hanya sementara sifatnya karena perubahan hormon kehamilan. Kebersihan daerah rambut dan kepala dapat dilakukan dengan keramas secara teratur. Ibu hamil boleh melakukan pijatan ringan pada wajah dan kepala untuk relaksasi.
Ibu hamil bila bercermin kadang melihat wajahnya ada flek. Ibu tak perlu risau dengan warna gelap atau bintik coklat pada wajah ( cloasma gravidarum ). Hal itu  juga akibat perubahan hormon yang merangsang pigmentasi pada wajah dan leher. Tidak perlu mengolesi dengan bermacam - macam krim pemutih. Setelah hamil perubahan warna flek coklat itu tersebut akan hilang sendiri.
Menghirup udara yang bersih.
Ibu hamil sebaiknya hati - hati  memilih tempat jalan pagi. Jangan biarkan hidung terlalu lama menghirup polusi di pinggir jalan yang padat kendaraan. Ketika ibu hamil harus membersihkan rumah  hindari penggunaan bahan - bahan yang mengandung zat aerosol cat , formalin , kamfer , dan racun serangga yang berupa obat nyamuk bakar maupun semprot. Jika memang harus melakukan penyemprotan serangga, atau membersihkan porselin dengan bahan kimia gunakanlah masker penutup hidung. Bagi ibu hamil dengan riwayat asma sebaiknya tidak terpapar dengan zat pencetus asma misalnya bulu binatang, serbuk bunga, debu karpet, udara dingin dan sebagainya.
Kesehatan mulut
Kesehatan mulut sangat penting bagi ibu hamil terutama adalah kebersihan gusi dan gigi Pada saat hamil seringkali timbul gangguan pada gusi dan gigi. Hormon kehamilan membuat gusi menjadi lebih lunak dan kadang mudah berdarah. Menggosok gigi dengan lembut dan sikat gigi secara benar dan teratur setiap sehabis makan. Sesekali boleh kumur dengan larutan air garam hangat. Bila gusi mudah berdarah atau bengkak gunakan pasta gigi yang sesuai  anjuran dokter atau bidan. Pada ibu hamil trimester pertama  kadang terdapat keluhan mual - mual dan muntah . meludah terus dan menimbulkan bau mulut ( halitosis). Ibu hamil sebaiknya  sering membersihkan mulut setiap kali setelah muntah. Teh dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Makanan bagi ibu hamil sebaiknya mengandung gisi yang seimbang, cukup vitamin dan serat alami buah dan sayur. Sebaiknya cuci bersih buah dan sayuran yang hendak dimakan mentah untuk mengurangi residu pestisida dan menghindari tercemar virus toksoplasma gondii .
Ibu hamil perlu menghindari rokok dan asap orang yang merokok. Keguguran  dan bayi prematur terjadi karena janin keracunan zat nikotin. Selain rokok juga hindari minuman beralkohol , Kafein , minuman suplemen yang diiklankan di televisi , soft drink yang mengandung suplemen tenaga, jamu - jamu atau produk sejenis yang tidak terjamin kualitasnya. Jika merasa ragu tentang jenis minuman tertentu bertanyalah pada dokter atau bidan anda mengenai seberapa besar dampak dan efek terhadap sang janin. Sebaiknya i bu hamil lebih mengkonsumsi minuman sehat, susu, jus buah, sari kedelai, air kacang hijau, air putih.
Kebersihan tubuh dan payudara.
Merawat kebersihan tubuh dan payudara sangat penting. Namun bagi ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran berulang hendaknya mengurangi stimulasi ( merangsang ) menarik - narik puting payudara saat hamil  muda karena bisa merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim. Perhatikan kebersihan payudara dan tubuh dengan mandi teratur sehari tiga kali. Hal ini sangat penting agar kulit sehat, peredaran darah ke seluruh tubuh lancar. Pembesaran ukuran payudara membuat ibu sedikit kurang nyaman pada awal kehamilan hingga menjelang akhir kehamilan. Gunakan Bra atau BH yang sesuai ukurannya.
Kebersihan tangan
Ibu hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan pekerjaan dan sebelum makan. Suka memelihara binatang ? Hati hati ya dengan kucing dan kelinci dan unggas. Atau mungkin hobby menanam bunga ? Gunakan sarung tangan agar tidak terkontaminasi dengan pupuk atau kotoran hewan. Ingat diare kadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi bisa berbahaya untuk ibu hamil. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Bagi yang suka bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas. Hati - hati juga dengan resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui binatang dan unggas melalui kotoran hewan tersebut.
Perhatikan daerah perut.
Semakin hari perut membesar. Ini pertanda bagus berarti pertumbuhan janin sempurna. Kalau begitu harus mulai menyiapkan baju hamil. Hindari memakai pakaian ketat. Tak perlu kuatir banyak pakaian hamil yang modis dan nyaman dan tidak menekan perut. Semakin besar kehamilan ibu , sebaiknya biasakan tidur dengan posisi miring agar peredaran darah dari ibu ke janin lancar. Posisi telentang terlalu lama tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Pembesaran perut ini juga berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Tetap menjaga keseimbangan  dengan posisi tubuh tegak saat berjalan agar tidak terpeleset atau jatuh. Bila ada benda di lantai yang akan diambil, ibu hamil sebaiknya menekuk satu lutut dengan hati hati. Sebaiknya tidak langsung membungkukkan badan. Bisa terjatuh karena tubuh tidak seimbang.
Kebersihan daerah alat kelamin.
Selama hamil harus lebih hati - hati menjaga kebersihan alat kelamin. Kuman bisa masuk lewat alat kelamin yang terinfeksi. Maka biasakan membersihkan daerah alat kelamin dengan benar.Cebok dengan air yang bersih dari arah depan alat kelamin baru bagian ke belakang daerah dubur. Tidak perlu  menggunakan antiseptik pencuci vagina karena akan membunuh kuman baik yang ada di vagina yang akan melawan serangan kuman penyakit yang mencoba masuk ke dalam rahim. Sering mengganti pakaian celana dalam. Mengenakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar. Menjaga agar celana dalam selalu kering dan bersih. Jangan cemas dengan keputihan karena hal ini akibat perubahan hormonal. Kecuali bila keputihan berubah bau busuk, warna hijau atau kuning kental disertai gatal. Bila ada penyakit kelamin suami juga harus diobati agar tidak terjadi infeksi silang  atau saling menularkan saat berhubungan seksual.
Latihan fisik dan olahraga
Jika tidak ada larangan dari dokter atau bidan untuk senam hamil, penting melakukan  senam hamil. Tujuannya agar memperkuat otot dasar panggul, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih pernafasan dan memperlancar peredaran darah. Jika tidak sempat  senam  boleh digantikan dengan latihan jalan kaki  tiap hari selama tigapuluh menit. Ada beberapa keadaan kehamilan yang beresiko keguguran tidak memperbolehkan ibu jalan kaki bahkan harus bed rest total .Ya apa boleh buat, sebaiknya dinikmati saja. Sebagai gantinya di atas tempat tidur anda bisa melakukan gerakan senam Kegel. Bersyukurlah pada Tuhan masih bisa hamil dengan segala konsekwensinya demi keselamatan buah hati .
Perhatian khusus daerah kaki
Hindari memakai sepatu bertumit tinggi. Ibu hamil sebaiknya menggunakan sepatu yang tidak bertumit tinggi agar tidak terjadi pembendungan pembuluh darah pada daerah kaki. Pada saat tidur atau berbaring usahakan tungkai kaki selalu dalam posisi lebih tinggi. Bila harus bekerja dengan sepatu tumit tinggi hati - hati berjalan jangan sampai jatuh akibatnya bisa fatal. Sesekali baik juga merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam. Suami bisa membantu memijat daerah kaki istri saat hamil dengan minyak zaitun atau lotion lembut sambil duduk di kursi. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah,mencegah varises bertambah parah, mengurangi keluhan kram dan pegal di kaki.
Relaksasi dan beri kesempatan tubuh untuk beristirahat
Ibu hamil akan mengeluarkan energi ekstra untuk proses metabolisme tubuh dan penggantian sel sel tubuh yang rusak. Kapan semua itu berlangsung ? ketika kita relaks dan tidur. Berapa lama waktu yang baik untuk istirahat ? Pada siang hari cukup satu atau dua jam dan malam sekitar delapan jam. Jangan heran kadang saat tidur ibu hamil sering mimpi buruk. Tak perlu mengkaitkan dengan mitos. Hal itu wajar kadang ada rasa cemas yang terpendam dibawah sadar lalu terungkap dalam mimpi saat tidur. Oleh karena itu saling berbagi suka duka sangat penting antar suami istri saat kehamilan agar mengurangi beban stres mental dan fisik.
Salam hangat bagi para ibu hamil semoga sehat selalu hingga tiba  saat melahirkan nanti.
Bidan Romana Tari

0 komentar:

Posting Komentar