Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Makanan Sehat Saat Hamil

MAKASSAR, FAJAR -- Makanan saat kehamilan dan tidak hamil, memiliki perbedaan. Tentunya sebagai orang hamil, harus selektif memilih makanan agar tidak membahayakan janin.

Pada dasarnya, makanan untuk ibu hamil dan tidak hamil, tidak jauh berbeda. Yakni mencukupi empat sehat dan lima sempurna. Akan tetapi, susu yang dikonsumsi ibu hamil, tentu sangatlah berbeda dengan susu yang biasa diminum tiap harinya.

Dokter spesialis kandungan, Dr Leo Prawirodihardjo, SpOG (K)M.Kes,MM,PhD, mengatakan, makanan sehat bagi ibu hamil adalah buah dan sayuran. Direktur rumah sakit Ibu dan Anak St Fatimah ini menganjurkan agar susu yang diminum sebaiknya mengandung DHA dan asam folat.

"Pada umumnya susu ibu hamil itu baik. Namun, minumlah susu yang mengandung DHA, atau asam folat karena bisa membantu perkembangan janin dalam perut. Untuk makanan, sebaiknya pilih sayuran hijau," kata dokter Leo kepada FAJAR, Senin 18 Juni.

Ada banyak cara untuk memastikan bahwa Anda dan bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dokter Leo menambahkan, saat semester pertama kehamilan, seorang ibu biasanya mual, bahkankadang-kadang muntah. Oleh karena itu disarankan untuk mengurangi konsumsi asam dan pedas karena asam lambung ibu hamil bisa cepat naik.

Ahli gizi dan menu sehat, Dr Andi Nurlinda SKM, M.Kes, mengungkapkan, seorang ibu hamil memiliki kebutuhan gizi khusus. Beberapa kebutuhan gizi ibu hamil dapat ditutupi oleh makanan sehat yang seimbang.

Makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil? Mungkin pertanyaan ini sering terlintas saat seorang ibu sedang hamil. Dokter Leo dan ahli gizi Nurlinda mengungkapkan, saat hamil pada semester pertama, perlu banyak makan sayur. Selain itu, dianjurkan sering makan tapi sedikit atau sedikit makan tapi sering.

Hal ini agar lambung ibu hamil tidak cepat penuh. Pertumbuhan janinnya juga sehat dan tidak cepat lelah saat hamil. (ulf/bas)

sumber http://www.fajar.co.id

0 komentar:

Posting Komentar