Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Mencegah Dan Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil


Kaki bengkak pada saat hamil adalah suatu hal yang wajar terjadi apalagi pada trimester kedua dan ketiga. Usia kehamilan mempengaruhi postur tubuh ibu, kaki bengkak biasanya diakibatkan aliran darah pada kaki terhambat, tapi apabila ibu memiliki riwayat penyakit hipertensi (darah tinggi) maka ibu harus memeriksakannya pada dokter atau bidan tempat ibu memeriksakan kandungan.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi kaki bengkak saat hamil. Berikut tips tersebut:

  1. Mengurangi makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Hal ini diperuntukkan bukan hanya untuk ibu yang memiliki penyakit hipertensi tetapi juga semua ibu hamil.
  2. Jangan terlalu lama diam dalam posisi duduk ataupun posisi berdiri. Ibu pada usia kehamilan yang semakin mendekati masa-masa persalinan harus memperbanyak gerak. Ibu yang banyak bergerak dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh. Semakin tua usia kandungan maka semakin cepat lelah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun jangan pernah menyerah, lakukan hal yang paling mudah dilakukan seperti berjalan kaki setiap pagi. Hal ini baik dilakukan tidak hanya mengurangi kaki bengkak tetapi juga mengurangi kram yang biasa terjadi pada saat kehamilan. Selain itu udara pagi juga sangat baik untuk kesehatan, dengan berjalan kaki membuat otot-otot menjadi kuat dan mempermudah saat persalinan.
  3. Istirahat secara teratur. Berikan waktu luang untuk tubuh beristirahat selama 15 menit untuk melancarkan peredaran darah. Ketika ibu berbaring, letakkan kaki diatas tumpukan bantal, pastikan posisi kaki lebih tinggi dari posisi tubuh agar aliran darah pada kaki turun ke bawah sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki.
  4. Ikuti kegiatan senam kehamilan pada masa kehamilan. Hal ini juga membantu kondisi ibu agar tetap stabil. Kegiatan ini juga membantu ibu memperlancar aliran darah tidak hanya tubuh tetapi juga pada daerah kaki agar kaki tidak bengkak. Gunakan sendal atau sepatu yang nyaman dipakai dan yang paling penting, jangan gunakan sendal atau sepatu berhak tinggi.
  5. Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling disukai ibu hamil selain membuat ibu nyaman, ini juga membuat ibu merasa rileks. Memanjakan kaki selama hamil ada dua cara, yaitu Siramlah kaki dengan air dingin, lakukan mulai dari atas hingga ke bawah sambil menggerak-gerakkan jari kaki ibu. Lakukan berulang-ulang selama beberapa menit kemudian rendam kaki dengan ar hangat yang diberi garam dan jeruk nipis. Cara memanjakan kaki yang kedua adalah dengan memijat telapak kaki dengan baby oil setiap pagi dan malam.
  6. Hal yang penting untuk diwaspadai adalah kaki bengkak setiap pagi hari dan berat badan meningkat lebih dari 1 kg per minggu pada pertengahan usia kehamilan, segeralah periksa ke dokter. Hal ini merupakan tanda-tanda keracunan kehamilan.
sumber : http://kehamilan.org/

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat membantu infonya thnkssssssssssssss


cara memperbesar penis & rahasia kuat sex

Unknown mengatakan...

cara menggugurkan kandungan

cara menggugurkan kandungan

jual obat aborsi

jual obat aborsi

jual obat telat bulan

jual obat telat bulan

Posting Komentar